Wednesday 6 March 2019

1
AKTIVITAS HARIAN BEKICOT

Hallo Sobat! Pada kesempatan ini saya akan membandingkan aktivitas harian bekicot dan bagaimana sih perbedaan tingkah laku bekicot ketika dia berada di ruang gelap dan ruang terang. Yuk langsung simak aja.

Bekicot merupakan salah satu hewan yang sering kita temui. Bekicot merupakan hewan yang termasuk kedalam kenal Mollusca dan Famili Achatinidae (Pijoto S 2006). Pada praktikum ini kita akan membandingkan bekicot yang ditempatkan di dua kondisi ruangan yang berbeda, yaitu ruangan gelap dan terang. Setiap bekicot ini didiamkan dan aktivitasnya diperhatikan setiap lima menit sekali. Pada lima menit pertama, di masing-masing kondisi bergerak aktif, namun jarang paling jauh ditempuh oleh bekicot yang berada pada kondisi gelap.



Posisi bekicot pada kondisi gelap






















Pada kondisi siang hari, bekicot cenderung aktif diam dan berkopulasi. Kopulasi (Kawin) ini tentunya didukung oleh kondisi cuaca sehingga memungkinkan bekicot untuk berkopulasi. Bekicot tingkat perkembang biakannya akan semakin tinggi ketika musim hujan (Pijoto S 2006). Sedangkan pada kondisi gelap bekicot lebih cenderung untuk aktif bergerak dan mencari makan. Hal ini menunjukkan bahwa bekicot merupakan hewan nokturnal atau aktif pada malam hari. Karena berdasarkan Perbandingan pola diataspun dapat disimpulkan bahwa siput merupakan hewan nokturnal berdasarkan perilaku yang telah diamati. Kecepatan dan jarak terjauh pun diperoleh oleh bekicot yang terdapat pada kondisi gelap.


Bagaimana sobat? sudah jelaskah informasi mengenai aktivitas bekicot yang diamati ini ? Semoga ilmu yang saya bagikan ini dapat bermanfaat bagi teman-teman semuanya ya! jangan lupa share website ini agar membantu penulis untuk memposting. Terima kasih.

Daftar Pustaka
Pijoto S. 2006. Talesom, Tumbuhan Bersifat Obat. Yogyakarta (ID) : Kanisius

1 comment:

Powered by Blogger.