Thursday 29 August 2019

0
Bagaimana sih Sanitasi yang terdapat pada Gor Padjajaran Bogor?


Hai sobat! kali ini saya akan menilai bagai mana sanitasi yang terdapat di Gor Padjajaran Kota Bogor, Yuk simak.
Sejarah 
Awal mulanya, stadion Bogor ini bernama jadi tempat pacuan kuda pada tahun 1900-an dan di sini terdapat sebuah arena balap kuda yang bahkan menyaingi nama Pulomas sebagai arena balap kuda di Indonesia. Pada tahun 1967, tempat pacuan kuda beralih menjadi lapangan bola dan berganti nama menjadi Stadion Purana.

Pada tahun 1974, menjelang Porda Jabar, stadion ini berganti nama. Nama yang dipilih adalah nama sebuah Kerajaan yang dulu menguasai Tanah Pasundan, yaitu Pajajaran.
Observasi yang kami lakukan berlokasi di Gor Padjajaran Bogor, dan ami mengambil tempat di Gor basket semi indoor. Peraturan mengenai sanitasi yang kami acu adalah Permenkes No 48 Tahun 2016 Tentang Standar Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Perkantoran:
Beberapa ketentuan mengenai Toilet:

a. Toilet dipisah antara pria dan wanita
b. Lantai toilet hendaknya selalu bersih dan tidak ada genangan air
c. Tersedia air bersih dan sabun
d. Toilet harus dibersihkan secara teratur
e. Memiliki penanggung jawab khusus
f. Tidak ada kotoran, serangga, kecoa, dan tikus toilet
g. Bila ada kerusakan segera di perbaiki


Kami mendapati bahwa Toilet yang berada di gor basket semi indoor ini sudah memenuhi beberapa kriteria mengenai keadaan sanitasi di toilet yaitu,  toilet dipisah antara pria dan wanita; tidak ada kotoran, serangga, kecoa, dan tikus toilet;tersedia air bersih dan sabun. Toilet ini tidak memiliki penjaga atau mungkin karena kami yang datangnya terlalu kesorean sehingga tidak ada petugas yang berjaga disini. Keadaan di dalam lapangan basket pun dibilang cukup bersih karena terdapat 8 tempat sampah di pinggir lapangan dan 2 tempat sampah di luar lapangan, hal ini tentunya menunjukkan bahwa ada keseriusan mengenai buangan sampah yang berserakan ya teman-teman. Kami pun mencoba menghitung nilai rata-rata sanitasi yang disana, dengan diketahui Keadaan (K) dan Persyaratan (P) pada tabel berikut :  Dapat disimpulkan bahwa keadaan sanitasi yang berada di gor padjajaran kota bogor sudah lumayan baik yaitu nilainya sendiri mencapai 66,67 %.



  • Jumlah % K (-) = 9/12 = 0,75  X 100% = 75%
  • Jumlah % P (-) = 7/12 = 0, 583 x 100% = 58,3%
  • Keadaan Sanitasi = (75% + 58,3%) / 2 = 66,65 %
  • Nilai rata-rata = (9+7) x 100% / 2 x 12 = 66,67%

Dapat disimpulkan bahwa keadaan sanitasi yang berada di gor padjajaran kota bogor sudah lumayan baik yaitu nilainya sendiri mencapai 66,67 %. Sekian informasi dari saya sobat, jangan lupa share postingan ini jika menurut kalian berguna ya ! terima kasih.



0 comments:

Powered by Blogger.